4 Hal Kenapa ID Card Jamaah Umrah Itu Penting

Bagikan Ini :

merupakan calon jamaah umrah yang akan berangkat, maka harus diketahui bahwa ID Card yang diberikan oleh pihak travel penyelenggara umrah, merupakan item penting yang harus selalu dibawa. ID Card bukanlah aksesoris umrah, tetapi pengganti identitas jamaah umrah selama di tanah suci.

Tim AET Travel Indonesia yang melepas jamaah di bandara sebelum keberangkatan selalu menghimbau dan mengingatkan jamaah umrah, betapa pentingnya ID Card. Berikut penjelasannya:

  1. Identitas Utama

ID Card jamaah juga sebagai pengganti identitas jamaah umrah ketika berada di Saudi. Jadi kemanapun jamaah bepergian saat melaksanakan rangkaian ibadah umrah, jamaah harus selalu membawa dan menggantungkan ID Card di leher. Agar pihak lain selain petugas AET Travel Indonesia lebih mudah mengidentifikasi jamaah.

 

  1. Berisi Data-Data Penting

ID Card jamaah umrah yang sesuai standar Kementrian Agama Indonesia adalah ID Card yang diterbitkan oleh Sipatuh Kemenag. ID Card tersebut berisi data-data penting jamaah, mulai dari:

Bagian Depan ID Card

  • Logo Kemenag
  • Logo Sipatuh
  • Foto Wajah Jamaah
  • Nomor Paspor Jamaah
  • Nomor Pasti Umrah
  • Nama Travel Agent/Biro Penyelenggara Umrah Jamaah

 

Bagian Belakang ID Card

  • Nama dan Kontak Tour Leader/Pemandu Rombongan
  • Nama dan Kontak Muthawwif/Pembimbing Ibadah Rombongan
  • Nama Hotel Yang Ditempati Jamaah di Mekkah
  • Nama Hotel Yang Ditempati Jamaah di Medinah
  • QR Code Jamaah

Semua data yang terdapat pada ID Card merupakan data-data penting. Selain sebagai tanda pengenal, juga akan memudahkan pihak lain untuk menelusuri dan mengidentifikasi jamaah apabila mengalami tersesat saat umrah atau tercecer dari rombongan.

  1. Membantu Ketika Tersesat

Seperti dijelaskan poin 2 di atas, ID Card memuat data-data lengkap tentang jamaah, sehingga apabila jamaah tesesat saat melaksanakan ibadah atau tercecer dari rombongannya, maka apabila ada pihak lain yang menemukan jamaah tersebut akan lebih mudah membantu jamaah menemukan rombongannya kembali.

Sebab, pergi/berangkat ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi dari hotel jamaah menginap menjadi suatu tantangan sendiri karena jalan menuju Masjid sangat ramai apalagi menjelang waktu shalat tiba, sehingga jamaah yang berangkat dengan rombongan dapat terpisah dari rombongan kemudian kehilangan jejak rombongan. Hal ini umumnya dialami oleh jamaah yang sudah berusia lanjut. Dan ID Card inilah yang akan menolong si jamaah kembali ke rombongan atau ke hotel tempat mereka menginap, ketika ia ditemukan oleh pihak lain.

  1. Jangan Pernah Ditinggal

Karena pentingnya fungsi ID Card ini, jamaah umrah diwajibkan untuk selalu membawa dan mengalungkan ID Card di leher, kemanapun jamaah bepergian selama di Saudi. Karena apabila ditinggal dan jamaah umrah mengalami tersesata atau tertpisah dari rombongan, maka pihak lain yang menemukan jamaah akan sulit mengidentifikasi jamaah. Apalagi bila jamaah lupa nama tour leader/muthawwif rombongannya, lupa nama hotel tempatnya menginap, ini akan semakin menyulitkan kondisi jamaah. Jadi, jangan pernah meninggalkan ID Card.

shares