7 Persiapan Kesehatan sebelum Ibadah Umroh dan Haji

Bagikan Ini :

Persiapan Kesehatan sebelum Umroh & Haji – Menunaikan ibadah di tanah suci yang berjarak ribuan kilometer dari tanah air tentu bukanlah hal yang mudah. Mengingat juga kondisi cuaca dan iklim di Arab Saudi yang sangat berbeda dari Indonesia, tentu dibutuhkan kondisi fisik yang fit dan prima agar Sahabat AET Travel Indonesia bisa menjalankan ibadah dengan lebih maksimal.

Untuk itu, persiapan kesehatan serta fisik sebelum ibadah Umroh menjadi salah satu hal yang tak boleh disepelekan. Jika Sahabat AET Travel Indonesia  memiliki rencana untuk menunaikan ibadah Umroh, intip tips persiapan kesehatan sebelum ibadah Umroh yang praktis berikut:

Persiapan Kesehatan Sebelum Umroh & Haji

1. Lakukan Medical Check-Up

Salah satu hal wajib yang perlu Sahabat AET Travel Indonesia lakukan untuk menjaga kesehatan sebelum Umroh adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan alias medical check-up. Pemeriksaan kesehatan membantu Sahabat AET Travel Indonesia untuk mengetahui kondisi kesehataan dan kesiapan tubuh untuk menunaikan ibadah Umroh.

Melalui medical check-up, Sahabat AET Travel Indonesia bisa mencegah kondisi tubuh yang tidak fit dan prima serta mendeteksi bila ada potensi penyakit sehingga kamu bisa melakukan pengobatan dan penyembuhan sedini mungkin agar kondisi kesehatan yang tidak prima tidak menghalangi dan mengganggu ibadah Haji atau Umroh.

2. Vaksinasi

Untuk membantu tubuh lebih mudah beradaptasi dengan kondisi dan cuaca di Arab Saudi serta mencegah resiko menularnya penyakit selama Sahabat AET Travel Indonesia menjalankan Ibadah Haji atau Umroh, vaksinasi adalah kebutuhan yang juga diwajibkan untuk dilakukan setiap calon jamaah Haji ataupun Umroh.

Jenis vaksin yang diwajibkan untuk calon jamaah ibadah Haji atau Umroh antara lain: Vaksin Influenza, Vaksin Meningitis, dan Vaksin Pneumonia. Selain itu, jenis vaksin tambahan lain seperti Vaksin Demam Tifoid, Vaksin Hepatitis A Dan B, serta vaksin rutin lainnya bisa Sahabat AET Travel Indonesia lakukan untuk berjaga-jaga.

3. Olahraga

Agar kondisi fisik tetap prima dan stamina yang Sahabat AET Travel Indonesi miliki maksimal untuk bisa menunaikan ibadah Haji atau Umroh, persiapan kesehatan untuk Umroh dan Haji selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

Sahabat AET Travel Indonesia bisa mulai dengan olahraga sederhana seperti lari, bersepeda, atau berenang selama 10-20 menit setiap harinya. Ketika telah terbiasa, Sahabat AET Travel Indonesia bisa menambah durasi olahraga atau menambah rutinitas olahraga dengan jenis olahraga lainnya seperti yoga, senam, ataupun lompat tali.

Olahraga tidak hanya menjaga tubuh tetap fit dan menambah stamina, namun juga meningkatkan daya tahan tubuh Sahabat AET Travel Indonesia saat menunaikan ibadah Haji atau Umroh.

4. Persiapkan Obat-Obatan Umum & Pribadi

Persiapan jaga kesehatan untuk ibadah Umroh dan Haji selanjutnya adalah memastikan semua obat-obatan wajib serta kebutuhan obat pribadi sudah tersedia di dalam koper untuk Sahabat AET Travel Indonesia bawa saat beribadah Haji atau Umroh nanti.

Beberapa obat-obatan yang umumnya dibawa untuk jaga kesehatan selama ibadah Umroh dan Haji adalah obat diare, obat pusing atau sakit kepala, obat masuk angin atau minyak angin, obat demam, obat flu, hingga obat tenggorokan.

Selain obat-obatan umum tersebut, pastikan juga obat-obatan pribadi sesuai kebutuhanmu juga selalu siap sedia di dalam koper seperti obat maag, obat asma, obat alergi, dan obat lainnya sesuai dengan kebutuhan kesehatanmu.

Jika Sahabat AET Travel Indonesia memiliki kondisi kesehatan tertentu, jangan ragu untuk konsultasikan pada dokter mengenai obat-obatan apa yang perlu dibawa pada saat ibadah Haji atau Umroh. Jangan lupa juga untuk membawa multi-vitamin atau suplemen kesehatan lainnya untuk bantu jaga kesehatan selama ibadah Umroh atau Haji.

5. Siap Sedia Pelembab Kulit & Tabir Surya

Dikarenakan kondisi cuaca dan iklim yang sangat ekstrem dan berbeda dari Indonesia, sangat penting untuk membawa pelembab kulit dan juga tabir surya untuk melindungi kulit selama berada di tanah suci.

Kondisi terik, panas yang kering mampu membuat kulit cepat mengering sehingga kedua hal ini wajib kamu bawa dan gunakan selama berada di Arab Saudi. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama menunaikan ibadah Umroh atau Haji, perbanyak juga minum selama berada di tanah suci. Jadi, pastikan tumblr praktis favoritmu selalu dibawa, ya.

6. Terapkan Pola Hidup Sehat Sejak Sebelum Ibadah

Persiapan kesehatan sebelum ibadah Umroh atau Haji selanjutnya adalah dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat untuk menjaga kondisi tubuh yang fit. Selain rutin berolahraga, mulailah kurangi kebiasaan-kebiasaan kurang sehat seperti merokok, sering begadang dan juga mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, Sahabat AET Travel Indonesia juga bisa mulai mengonsumsi makanan-makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan. Bila perlu tambahkan vitamin dan suplemen untuk menjaga tubuh tetap fit.

7. Banyak Istirahat & Hindari Stress

Tips untuk menjaga kesehatan sebelum ibadah Haji dan Umroh terakhir adalah beristirahat yang cukup serta hindari stress. Stress dan kekurangan istriahat bisa membuat daya tahan tubuh berkurang. Jadi, cukupilah dirimu dengan istirahat dan lakukan refreshing bila diperlukan untuk menjaga pikiran tetap fresh dan terhindar dari stress.

Itulah berbagai persiapan jaga kesehatan untuk ibadah Haji atau Umroh yang bisa Sahabat AET Travel Indonesia terapkan guna mempersiapkan kondisi fisik dan kesehatan tubuh sebelum menunaikan ibadah di tanah suci.

shares