Search
Close this search box.

5 Tanda Anda Berada di Lingkaran Pertemanan yang Positif, Pertahankan!

Tanda lingkaran pertemanan positif – Manusia sebagai makhluk sosial tentunya memiliki lingkaran pertemanan, meskipun hanya mempunyai satu orang teman saja. Berbicara lingkaran pertemanan, terdapat beberapa tanda lingkaran pertemanan positif yang perlu Anda ketahui.

Beberapa tanda ini akan bisa menjelaskan kepada Anda apakah Anda memang berada di lingkaran pertemanan yang positif, atau malah berada di lingkaran yang negatif.

Tanda Lingkaran Pertemanan Positif

Berikut beberapa tanda yang bisa Anda lihat supaya Anda dapat menentukan langkah apa yang akan dilakukan terhadap pertemanan Anda.

1. Menganggap Anda ada di lingkaran mereka

Inilah hal dasar yang perlu diketahui oleh Anda. Sebab, banyak terjadi sekarang ini seseorang memang berada di lingkaran pertemanan, namun ia hanya dianggap angin lalu saja oleh lingkarannya.

Oleh karena itu, Anda perhatikan dengan seksama apakah Anda dianggap ada oleh lingkaran Anda. Jika iya, maka Anda tetaplah bertahan di situ dan janganlah menganggap seseorang tidak ada di lingkaran.

Baca juga: 5 Cara Agar Terhindar dari Gaya Hidup Hedon, Hidup menjadi Lebih Baik!

2. Mendapatkan dan menyalurkan energi positif satu sama lain

Image by Odua on Freepik

Lingkaran pertemanan yang baik adalah lingkaran yang saling mendukung satu sama lain, dan memberikan energi positif satu sama lain.

Energi positif yang didapatkan tentu sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Terutama jika Anda sedang berada di titik terendah, energi positif yang diberikan oleh lingkaran pertemanan Anda mampu menghalau segala energi negatif di diri Anda.

3. Membenarkan yang benar, menyalahkan yang salah

Lingkaran pertemanan yang positif selanjutnya adalah lingkaran yang membenarkan setiap kebenaran dan membelanya mati-matian, dan menyalahkan setiap kesalahan serta sama-sama membenahi kesalahan tersebut.

Jika Anda berada di lingkungan pertemanan seperti ini, maka beruntunglah Anda dan pertahankan hubungan pertemanan ini.

4. Pendengar atas masalah

Tidak semua orang bisa memiliki kemampuan ini, sebab keegoan diri seseorang dapat ditemukan pada hal ini. Sehingga teman yang bisa menjadi pendengar yang baik adalah orang yang perlu Anda pertahankan.

Ia akan mendengarkan dengan seksama seluruh cerita Anda, dan tidak akan menghakimi atas apa yang Anda ceritakan kepadanya.

Meskipun ia tidak bisa memberikan solusi atas masalah, setidaknya menjadi pendengar yang baik sudah sangat baik untuk dipertahankan di dalam pertemanan. Dan tentunya Anda pun harus melakukan yang sama kepadanya.

5. Ada di saat senang, dan tetap ada di saat susah

Inilah yang paling jarang ditemukan di dalam suatu lingkaran pertemanan. Jika hal ini tidak ada Anda terima seperti mereka hanya ada di saat senang saja, maka lingkaran pertemanan Anda tidak baik.

Sejatinya, pertemanan yang baik itu ada di saat senang maupun susah, meskipun hanya dengan komunikasi langsung melalui telepon. 

Tetapi, Anda jangan hanya menerima kedua hal tersebut. Anda juga harus melakukan kedua hal tersebut terhadap teman-teman di lingkaran Anda. Tidak boleh hanya menerima, memberi pun sangat perlu Anda lakukan.