4 Tipe Teman yang Dibutuhkan dalam Hidup Anda, Persahabatan sampai ke Surga!

Tipe teman yang dibutuhkan dalam hidup Anda – Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, tentu kehadiran seorang teman sangatlah dibutuhkan. Tidak hanya sebagai teman di kehidupan dunia, namun juga sebagai teman di akhirat kelak.

Karena jalinan persahabatan akan hadir di akhirat nanti, maka teman yang memiliki sifat yang baik dan terpuji adalah hal yang penting, sehingga ia akan mampu membawa kita ke hal yang baik dan membawa kita ke surga.

Tipe Teman yang Dibutuhkan dalam Hidup Anda

Pemilihan teman yang mampu membawa hubungan persahabatan sampai ke surga, maka memerlukan tipe-tipe teman yang bisa membawa hubungan persahabatan sampai ke surga.

1. Teman yang mampu menjaga kesolehan

Teman yang soleh adalah sebaik-baiknya teman, karena orang yang soleh selalu mengerjakan hal-hal yang bepahala dan perintah Allah SWT, serta menjauhi dosa dan larangan-Nya. Selain itu, orang-orang yang soleh kian mendoakan keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekatnya.

Berkumpul dan berteman dengan orang soleh merupakan salah satu dari beberapa anjuran Islam.

2. Teman yang selalu menepati janji dan bisa dipercaya

Janji adalah hutang, dan sudah sepatutnya harus dipenuhi. Apabila terpenuhi, maka tingkat kepercayaan satu sama lain akan meningkat. Hal ini berbanding lurus dengan QS. Ali ‘Imran ayat 76:

بَلَىٰ مَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِۦ وَٱتَّقَىٰ فَإِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُتَّقِينَ

Artinya: Sebenarnya barang siapa yang menepati janji dan bertakwa, maka sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bertakwa.

Berteman dengan orang yang mampu memenuhi segala janji yang telah diucapkannya, maka ia adalah orang sangat bisa dipercaya. Dan kepercayaan itu adalah hal yang sangat mahal harganya.

3. Teman yang tiada kesombongan di dalam hidupnya

Sifat sombong merupakan sifat yang buruk, karena akan membuat diri merasa yang paling benar dan paling tinggi daripada yang lainnya

Padahal sebenarnya manusia adalah makhluk yang lemah, dan perlu merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Selaras dengan QS. Luqman ayat 18:

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

Artinya: Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong), dan jagnanlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Ayat di atas menjelaskan kalau Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. Maka, apabila kita berteman dengan orang yang sombong, maka bagaimana bisa ia membawa hubungan pertemanan sampai ke surga?

4. Teman yang tidak bermuka dua

Sifar bermuka dua sama dengan sifat munafik. Dan sifat munafik adalah orang yang mampu bermuslihat kepada hal buruk.

Biasanya, adanya sifat bermuka dua pada seseorang ini berarti ia akan bermuka baik dan menganggungkan di depan orang, dan menjelekkan orang tersebut apabila ia tidak ada di depannya.

Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 14:

وَإِذَا لَقُوا۟ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قَالُوٓا۟ ءَامَنَّا وَإِذَا خَلَوْا۟ إِلَىٰ شَيَٰطِينِهِمْ قَالُوٓا۟ إِنَّا مَعَكُمْ إِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُونَ

Artinya: Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: Kami telah beriman. Dan bila mereka kembali kepada syaitan-syaitan mereka, mekere mengatakan: Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok.

Apabila berteman dengan orang yang memiliki sifat yang buruk ini, akibatnya adalah pertemanan yang dijalin hanyalah sebuah kebohongan, dan bisa saja di kemudian hari akan terjadi adu domba.

Akhir Kata

Hubungan pertemanan yang baik adalah berteman dengan bekerja sama dalam melakukan hal yang baik, dan saling mengingatkan jika salah satu atau keduanya sedang melakukan dosa dan kesalahan.

Apabila teman memiliki tipe teman yang dibutuhkan dalam hidup menuju surga di atas, maka beruntunglah Anda. Namun, Anda pun perlu berusaha untuk memiliki tipe tersebut di diri Anda agar teman Anda pun merasa beruntung.