Tergolong Ibadah Sunnah, Inilah 10 Keutamaan Umroh dan Penjelasannya

Bagikan Ini :

10 Keutamaan Umroh – Suatu umat dalam agama tertentu pasti memiliki kewajiban. Sama seperti umat muslim, memiliki sejumlah kewajiban yang harus dijalankan seperti salah satunya ibadah haji. Namun, pelaksanaan ibadah haji terbatas oleh waktu, materi, serta kesediaan jumlah jamaah yang dapat melakukannya pada waktu tertentu sehingga banyak umat muslim yang belum melaksanakannya.

Sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk melaksanakan ibadah umroh yang terbilang ibadah sunnah. Meski tergolong sunnah, namun terdapat sejumlah keutamaan umroh yang sangat baik bila dilakukan. Apa saja keutamaan umroh? Berikut penjelasannya.

Keutamaan Ibadah Umroh

1. Menghapus Dosa

Keutamaan umroh yang pertama adalah menghapus dosa. Bila seseorang telah menjalankan ibadah umroh sebelumnya, lalu melakukan ibadah umroh pada tahun berikutnya maka dosa-dosanya diantara kedua waktu umroh tersebut akan dihapuskan.

2. Memperoleh Ketenangan Hati

Dengan berdoa selama menjalankan ibadah umroh, hati akan terasa tenang dan kehidupan menjadi lebih tentram. Keutamaan umroh ini memberikan wujud kekayaan dalam hati, sehingga menjadi lebih sabar dan menambah iman bagi siapapun yang melaksanakannya.

3. Memperoleh Pahala Sholat Berlipat Ganda

Mengumpulkan pahala dari sholat terbilang sulit. Bila umumnya melaksanakan sholat hanya memperoleh pahala 1 dan 27 derajat saat berjamaah, ketika sholat saat beribadah umroh pahala akan berlipat ganda. Keistimewaan umroh membuat pahala sholat saat ibadah umroh dapat mendatangkan pahala 1000 kali lipat hingga 100.000 kali lipat lho Toppers. Kebayangkan luar biasanya keutamaan umroh yang satu ini?

4. Meningkatkan Iman dan Takwa

Keistimewaan umroh lainnya adalah meningkatkan iman dan takwa. Dengan melakukan ibadah umroh, berarti ia berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya untuk memperbaiki ibadah juga perilakunya.

5. Media Jihad bagi Perempuan

Seperti yang kita ketahui, jihad adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan besar sehingga pahala yang dijanjikan adalah surga. Dahulu, jihad ditandai dengan mengikuti peperangan untuk membela Islam dan perempuan dilarang mengikuti peperangan karena fisiknya yang lemah. Sehingga Allah memberikan alternatif untuk perempuan melakukan jihad dengan cara melaksanakan haji/umroh.

6. Doa Akan Dikabulkan

Keutamaan umroh lainnya adalah doa akan dikabulkan. Orang yang melakukan ibadah umroh merupakan tamu Allah sehingga memiliki keistimewaan dengan dikabulkan segala doa yang dipanjatkan. Penyataan ini tertuang dalam sebuah hadits yang mana berisi siapapun yang memohon ampunan dan bermohon kepada Allah maka pasti akan dikabulkan.

7. Memperoleh Keberkahan

Ibadah umroh dapat memberikan keberkahan bagi siapapun yang menjalankannya. Bila ibadah umroh dilakukan dengan hati yang ikhlas dan dijalankan dengan khusyu maka dapat menjadi ibadah yang sah atau diterima. Ketika ibadah umroh diterima, maka hidup akan dilimpahkan dengan keberkahan dan menjadi lebih baik.

8. Dijanjikan Surga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, umroh dapat menjadi jihad bagi perempuan juga kaum yang lemah. Siapapun yang menjalankan umroh dengan hati yang ikhlas dan mengikuti tata caranya dengan benar maka akan bernilai pahala besar dan mendapatkan ganjaran surga.

9. Dijauhkan dari Kemiskinan

Setiap manusia pasti ingin memiliki hidup yang cukup dan sejahtera. Allah memberikan salah satu keistimewaan umroh dengan menjauhkan siapapun yang melakukan umroh akan dijauhkan dari kemiskinan atau kefakiran. Pernyataan ini tertuang dalam sebuah hadist yang mana disebutkan bahwa siapapun yang melaksanakan umroh akan menghilangkan kemiskinan juga dosa-dosa yang telah diperbuat.

10. Wafat Saat Umroh, Pahalanya Dicatat Sampai Hari Kiamat

Terakhir, bila seseorang wafat saat umroh maka pahalanya akan dicatat sampai hari kiamat tiba. Keutamaan umroh ini bisa diberikan ketika seseorang memiliki kekhusyukan dan menjalankan tata cara dan rukun umroh dengan benar. Walau mungkin saja rukun umrohnya belum tercapai semua, tapi Allah sudah menjanjikan pahala.

Itu dia berbagai keutamaan umroh serta penjelasannya. Bila sedang menunggu waktu pelaksanaan ibadah haji, ada baiknya untuk melakukan ibadah umroh selagi masa ibadah umroh yang tidak terbatas seperti ibadah haji.

shares