Sekilas Mengenai Muthawwif?

Bagikan Ini :

Sekilas Mengenai Muthawwif – Muthawwif, adalah kata-kata yang akan sering didengar oleh calon jamaah umrah apabila sudah pernah melaksanakan umrah, atau setelah melakukan pendaftran umrah ke biro penyelenggara umrah. muthawwif sederhananya adalah seorang petugas yang mendampingi sebuah rombongan jamaah dan mengontrol dan membimbing rombongannya dalam hal ibadah.

Muthawwif berasal dari kata thawaf (proses mengelilingi Ka’bah). Muthawwif adalah orang yang mengajarkan jamaah haji/umrah, berkenaan dengan hal-hal yang bersangkutan dengan manasik haji/umrah dengan praktek, serta melayani jamaah selama melaksanakan ibadah haji/umrah.

Profesi mutawwif sudah ada sejak lama. Dahulunya yang menjadi mutawwif hanyalah anggota-anggota keluarga di Mekkah dan kemudian mewariskan kepada keturunan mereka. Awal kemunculan profesi ini sebagai pekerjaan yang menerima upah adalah di masa Dinasti Mamluk, 1250 M hingga 1517 M. Tatkala Sultan Qaitabai berhaji di tahun 884 H/1485 M, Hakim Ibrahim bin Dhahirah membimbing beliau. Kemudian profesi ini berkembang dari hanya pembimbing ibadah menjadi penyedia pemondokan, katering, hingga sarana transportasi.

Awalnya para mutawwif adalah hakim-hakim dan ulama fikih, kemudian turut serta pula pemuka dan pembesar Mekkah. Perkembangan profesi ini telah melewati berbagai macam masa dan fase, yang mana dahulu para mutawwif mengadakan perjalanan ke berbagai negeri Islam untuk membuat kesepakatan dengan jamaah-jamaah haji agar mereka berhaji melalui mutawwif ini. Kemudian informasi mengenai profesi mutawwif melebar kepada sebagian besar jamaah haji dari berbagai negeri. Jamaah mengetahui bahwa para mutawwif menanti kedatangan mereka, dan siap melayani serta menyediakan pemondokan untuk mereka.

Pada masa Raja Abdul Aziz al Saud (1932-1953), keluar peraturan sementara untuk mutawwif. Inilah titik fundamental yang menjelaskan secara total tugas-tugas, persyaratan, kewajiban yang harus dijalankan untuk menjadi mutawwif, serta sarana-prasarana pelayanannya. Sehingga peran mutawwif benar-benar menjadi sebuah profesi. Peraturan ini telah ditinjau ulang dan direvisi tahun 1968.

Dan tahun 1999, Kepemimpinan Umum Urusan Dua Masjid Suci mendirikan suatu badan khusus, yang memperhatikan urusan pelayanan ini. Di antara kewajiban badan khusus ini adalah merapikan pekerjaan mutawwif dan para pengawas, mengarahkan mereka untuk konsisten dengan etika Islam bersama para jamaah haji/umrah, serta mengeluarkan surat izin bagi yang ingin menjalani profesi ini.

Demikianlah sekilas pengetahuan mengenai mutawwif atau pendamping ibadah haji/umrah. Semoga hal ini menambah wawasan sahabat mengenai profesi ini. Dan jika Anda ingin menjejakkan kaki ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan umrah, AET Travel Indonesia menyediakan paket umrah dengan berbagai pilihan biaya yang hemat dengan pelayanan berkualitas. Silahkan cek paket-paket umrah kami.

shares