Tips Menjaga Kesehatan Selama Umrah ala AET Travel Indonesia

Bagikan Ini :

Tidak ada yang ingin sakit, namun sudah pasti penyakit tidak akan dapat dihindarkan manusia dalam hidupnya. Begitu pula saat melaksanakan umrah ke tanah suci. Perbedaan cuaca dan lingkungan sudah pasti akan mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Bagi calon jamaah AET Travel yang akan menunaikan ibadah umrah, sebaiknya perhatikan beberapa tips dari AET Travel berikut ini, agar kesehatan selalu terjaga dan ibadah juga terlaksana.

 

Sediakan Masker

Umumnya para jamaah umrah maupun haji yang pulang dari tanah suci mengidap penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan). ISPA sebenarnya bukan penyakit berbahaya apabila ditangani dengan baik. Gejala ISPA mulai dari bersin-bersin dan batuk-batuk disertai demam. ISPA sangat mudah menular, oleh karena itu untuk pencegahan, selalu sediakan/ gunakan masker saat Anda bepergian selama di tanah. Masker juga akan membantu menghindarkan penyebaran virus dari tubuh Anda kepada orang lain.

 

Rutin Cuci Tangan

Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan dengan bersih setiap ada kesempatan ke toilet. Umumnya fasilitas toilet di hotel dan masjid-masjid di tanah suci menyediakan cairan pembersih tangan, maka gunakanlah cairan tersebut untuk membersihkan tangan. Sebab tangan merupakan sarang bakteri dan virus, apabila kita menyentuhkan tangan yang kotor ke hidung atau mulut maka akan menyebabkan virus dan bakteri mudah masuk ke tubuh. Salah satu penyebaran ISPA juga disebabkan tangan yang kurang bersih.

 

Banyak Minum Air Putih

Perlu diketahui, kelembaban udara di Mekkah dan Madinah lebih parah dibandingkan di Indonesia. Hal ini menyebabkan tubuh cepat kehilangan cairan. Mengakibatkan kita mudah dehidrasi. Oleh sebab itu perbanyak konsumsi air putih atau air mineral. Umumnya hotel/penginapan di tanah suci selalu menyediakan air dingin saat waktu makan, perlu pula diingat, mengkonsumsi air dingin terlalu sering juga akan berakibat buruk bagi tubuh, solusinya campur air dingin dengan air panas yang umumnya juga disediakan pihak hotel/penginapan.

 

Bawa Lotion Anti-Matahari dan Pelembab Bibir

Masih berkaitan dengan masalah cuaca dan kelembaban udara di Mekkah dan Madinah, kelembaban udara yang rendah dan terik matahari yang menyengat akan mengakibatkan kulit dan bibir pecah-pecah. Selain dengan banyak mengkonsumsi air putih, jangan lupa sediakan lotion anti matahari dan pelembab bibir.

Setiap keluar ruangan, gunakan selalu lotion dan pelembab bibir ini untuk melindungi kulit serta bibir dari sengatan matahari untuk menghindari kulit dan bibir pecah-pecah. Percayalah, apabila kulit Anda pecah-pecah di tanah suci, apalagi kulit di kaki, maka hal ini akan menyakitkan sekaligus menyulitkan Anda berjalan saat melaksanakan ibadah ke Masjid.

 

Jaga Pola Makan

Tips selanjutnya adalah menjaga pola makan selama di tanah. Tidak dipungkiri, masakan di tanah suci tidak akan seenak dan selezat masakan di tanah air. Hal ini jamak ditemukan, namun jangan jadikan ini sebagai hambatan untuk makan.

Yang perlu diperhatikan adalah, seimbangkan nutrisi dan gizi, seimbangkan antara nasi, sayur-mayur dan lauk-pauk. Sangat direkomendasikan banyak mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan yang mengandung serat. Dan rutinkan makan 3 kali sehari untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

 

Jaga Pola Istirahat

Terakhir tips dari kami, Anda harus menjaga sekali pola istirahat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk beribadah di awal-awal umrah, karena nantinya menjelang kepulangan tubuh akan drop dan sakit. Tentu ini akan menggangu jalannya ibadah yang akan Anda jalankan.

Setidaknya setiap hari rutinkan pola tidur 6 jam sehari. Usai shalat Isya (sekitar pukul 7-8 malam), Anda sudah mulai untuk merebahkan tubuh di tempat tidur dan dini hari Anda dapat kembali bangun dan melaksanakan shalat tahjjud (guna memaksimalkan ibadah) kemudian dilanjutkan shalat Subuh.

shares