Umroh Pertama Kali? Inilah 5 Tips yang Bisa Membantu Anda

Umroh pertama kali – Ibadah umroh menjadi jalan alternatif bagi umat Muslim yang ingin menginjakkan kaki ke Mekkah untuk beribadah, namun terhalang oleh antrian keberangkatan haji yang sangat panjang.

Waktu tunggu antrian keberangkatan haji di Indonesia bahkan memerlukan waktu tunggu 20 tahun lebih lamanya.

Alhasil, banyak orang yang memiliki budget lebih memilih untuk melangsungkan ibadah umroh meskipun telah menda ar dalam antrian haji tersebut, termasuk bagi orang yang umroh pertama kali.

Tips Melaksanakan Umroh Pertama Kali

Bagi calon jamaah umroh yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umroh tentu merasa cemas dan bingung terkait apa yang mesti dipersiapkan.

Maka, berikut tips bagi calon jamaah yang melaksanakan ibadah umroh pertama kali yang bisa menjadi sebuah persiapan awal dalam mempersiapkan diri saat melaksanakan ibadah haji nantinya.

1. Pahami Budaya dan Peraturan di Arab Saudi

Tentunya di setiap daerah atau negara memiliki budaya dan peraturannya masing-masing, begitu pula negara yang menjadi destinasi dalam melaksanakan ibadah umroh, yakni Arab Saudi.

Maka, bagi Anda yang baru pertama kalinya melaksanakan ibadah umroh perlu mengetahui bagaimana budaya yang terdapat di negara tersebut. Contohnya seperti bagaimana karakteristik masyarakat lokal berkomunikasi satu sama lain.

Selain itu pula, perlu juga mengetahui peraturan dan adab di Arab Saudi. Hal ini untuk menghindari terjadinya masalah atau dianggap melakukan tindakan yang tidak sopan.

2. Umroh Pertama Kali Perlu Memilih Biro Jasa Travel yang Terpercaya

Banyak biro jasa travel yang hadir untuk bisa memfasilitasi para calon jamaah untuk melaksanakan umroh ke Tanah Suci. Namun, tidak sedikit pula biro jasa yang tidak amanah dalam menjaga kepercayaan calon jamaahnya.

Maka, pilihlah biro jasa travel umroh yang telah terdaftar oleh Kementrian Agama sebagai biro jasa travel yang bisa dipercaya dalam menjaga dana umroh dan mendampingi jamaahnya sesuai fasilitas yang disediakan.

Baca juga: Penting! Persiapan Sebelum Berangkat Haji/Umrah

3. Siapkan Dana Tidak Terduga

Berada di negara yang sangat jauh dari kampung halaman tentu perlu mempersiapkan hal-hal penting, salah satunya adalah keuangan.

Meskipun sebagian dana jamaah yang telah disimpan oleh biro jasa travel diberikan kembali ke jamaah untuk uang belanja di Arab Saudi, tentu tidak ada salahnya untuk mempersiapkan uang lain sebagai dana tidak terduga nantinya.

4. Menjaga Kesehatan Prima

Kesehatan adalah hal yang paling utama untuk bisa melaksanakan ibadah umroh pertama kali. Karena rangkaian kegiatan tata cara umroh banyak menggunakan fisik, contohnya saja seperti tawaf dan saŹ¼i.

Maka, persiapkan kesehatan badan yang prima dalam menjelang keberangkatan umroh, dan sangat disarankan untuk melakukan olahraga fisik jauh-jauh hari.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan bagi Selama Beribadah Haji

5. Persiapkan Alat Komunikasi

Alat komunikasi handphone sangatlah dibutuhkan saat ini, termasuk dalam melaksanakan ibadah umroh nantinya. Karena selain untuk bisa berkomunikasi dengan rekan jamaah, namun juga untuk bisa berkomunikasi dengan keluarga di tanah asal.

Kegiatan umroh memerlukan 9 atau 12 hari pelaksanaannya. Tentunya perlu komunikasi dengan keluarga agar tidak terjadinya rasa cemas dan khawatir akan kabar keluarga yang bisa mempengaruhi mental dan fisik jamaah.

Akhir Kata

Persiapan dalam melaksanakan umroh pertama kali adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Maka, dengan menerapkan tips di atas Anda bisa tenang dan fokus dalam menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci Mekkah.