Bagaimana Hukum Pakaian Ihram Selain Berwarna putih

Bagikan Ini :

Hukum Pakaian Ihram Selain Berwarna putih – Mungkin sebagian sahabat AET Travel pernah mendengar bahwa ketika melaksanakan ibadah umrah atau haji, kita dianjurkan menggunakan pakaian dengan warna putih atau hitam.

Benarkah demikian?

Bagi jamaah umrah atau haji laki-laki pertanyaan itu bukanlah hal yang janggal, karena pakaian umrah atau pakaian ihram laki – laki hanya dua helai kain, bagian bawah disebut izar dan bagian atasnya disebut rida’. Disunnahkan mengenakan pakaian berwarna putih.

Pakaian Umrah Yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa ada seseorang yang berkata pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا يَلْبَسُ الْمُحْرِمُ مِنَ الثِّيَابِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – « لاَ يَلْبَسُ الْقُمُصَ وَلاَ الْعَمَائِمَ وَلاَ السَّرَاوِيلاَتِ وَلاَ الْبَرَانِسَ وَلاَ الْخِفَافَ ، إِلاَّ أَحَدٌ لاَ يَجِدُ نَعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ خُفَّيْنِ ، وَلْيَقْطَعْهُمَا أَسْفَلَ مِنَ الْكَعْبَيْنِ ، وَلاَ تَلْبَسُوا مِنَ الثِّيَابِ شَيْئًا مَسَّهُ الزَّعْفَرَانُ أَوْ وَرْسٌ »

“Wahai Rasulullah, bagaimanakah pakaian yang seharusnya dikenakan oleh orang yang sedang berihram (haji atau umrah)?”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh mengenakan kemeja, sorban, celana panjang kopiah dan sepatu, kecuali bagi yang tidak mendapatkan sandal, maka dia boleh mengenakan sepatu. Hendaknya dia potong sepatunya tersebut hingga di bawah kedua mata kakinya. Hendaknya dia tidak memakai pakaian yang diberi za’faran dan wars (sejenis wewangian).” (HR. Bukhari no. 1542).

 

Lalu bagaimana dengan pakaian wanita?

Sebaiknya pakaian umrah untuk wanita adalah pakaian yang benar-benar menutup aurat, tidak ketat dan membentuk tubuh serta sebaiknya berwarna agak gelap sehingga tidak mengundang fitnah (tidak mesti hitam).

Tidak ada dalil / dasar yang memerintahkan wanita memakai pakaian Ihrom berwarna putih.

Kenapa banyak yang menggunakan warna putih?

Saya kira, banyak jamaah umrah atau haji wanita yang memilih pakaian umrah berwarna putih karena sebagaimana yang diperintahkan untuk laki-laki juga berlaku bagi perempuan. Padahal sebanarnya tidak.

Selain itu juga warna putih sudah menjadi kebiasaan umat muslim di Indonesia ketika melaksanakan Ibadah.

Anjuran bagi wanita ketika melaksanakan ibadah umrah atau haji sesuai dalam riwayat Bukhari,

وَلاَ تَنْتَقِبِ الْمَرْأَةُ الْمُحْرِمَةُ وَلاَ تَلْبَسِ الْقُفَّازَيْنِ

Hendaknya wanita yang sedang berihram tidak mengenakan cadar dan sarung tangan.” (HR. Bukhari no. 1838).

Selain itu, terdapat 3 macam larangan pakaian yang dikenakan ketika umrah atau haji, yaitu:

  1. Larangan khusus pada laki-laki,
  2. Larangan khusus pada perempuan,
  3. Larangan pada laki-laki dan perempuan, inilah yang lebih banyak.

Untuk detail penjelasannya, sahabat AET Travel bisa baca dengan klik tulisan ini.

Ini dulu yang dapat saya sampaikan, semoga sharing ini bermanfaat dan menjadi bekal kita untuk beribadah di tanah suci Baitullah. Aamiin yarabbal’alamiin

——–
Image Source : pixabay

shares