Budaya Shalat Jenazah di Masjid Nabawi

Bagikan Ini :

aet.co.id – Masjid Nabawi merupakan salah satu tempat istimewa yang sangat berpengaruh dalam kehidupan Islam. Disini umat muslim berlomba-lomba dalam melakukan berbagai kebaikan. Salah satu keutamaannya adalah mengenai pahala ibadah yang lebih besar dibandingkan dengan masjid yang lainnya. kecuali masjid suci pertama Masjidil Haram.

Budaya Shalat Jenazah di Masjid Nabawi

Bagi orang Indonesia yang baru saja kesini, tentu akan terasa asing, aneh dan tak tahu menahu mengenai apapun. Tak hanya mengenai jalan di sekitar masjid yang ramai dengan penduduk asli Timur Tengah, namun juga mengenai jadwal-jadwal ibadah yang berbeda dengan masjid-masjid di Indonesia.

Salah satunya adalah dengan adanya shalat jenazah di masjid nabawi yang dilaksanakan saat setelah lima waktu shalat telah berakhir. Tentu, untuk sebagian jamaah yang baru pernah dan baru berkesempatan berziarah kerumah Allah SWT yang satu ini, akan merasa bingung dan tak tahu apa-apa mengenai shalat apa yang rutin dilakukan setelah shalat 5 waktu usai.

Tentunya bukan Shalat Sunnah Rawatib, karena dilaksanakan secara berjamaah. Banyak yang pada akhirnya membuat para jamaah hanya ikut-ikutan shalat tanpa mengetahui shalat apa itu, dan banyak juga dari mereka yang lebih baik menunggu, sambil mencari tahu mengenai shalat yang dilaksanakan pada saat itu.

Setelah shalat dilaksanakan tentu para jamaah akan mendapatkan gambaran, mengenai informasi yang didapat dari penglihatan atau pun tindakan. Shalat yang rutin dilakukan di Masjid Nabawi setelah shalat wajib berakhir adalah shalat jenazah.

Setiap hari sehabis shalat lima waktu imam akan memberikan waktu 2 hingga 5 menit untuk selanjutnya melaksanakan shalat jenazah secara bersamaan. Shalat ini ditujukan untulk seluruh kota, dimana pada setiap waktu ada saja penduduk atau jamaah yang meninggal di tanah suci.

Ini sebagai rasa impati sebagai sesama orang muslim, untuk saling mendoakan semoga mereka meninggal dalam keadaan syahid. Untuk beberapa jamaah yang belum tahu mengenai adanya shalat jenazah di Masjid Nabawi setelah pelaksanaan shalat wajib selesai mereka akan bingung.

Beberapa bahkan lupa dengan bacaan apa saja yang seharusnya dibaca setelah masing-masing takbir dilakukan. Sehingga banyak juga dari mereka yang akhirnya kembali membuka mengenai cara shalat jenazah.

Bacaan Shalat Jenazah di Masjid Nabawi

Disini juga akan membantu menjelaskan mengenai bacaan apa saja yang harus di baca pada saat shalat jenazah. Semoga bisa membantu anda yang masih bingung dan ragu mengenai seperti apa pelaksnaan dan bacaan dalam shalat jenazah.

  1. Lakukan niat
  2. Takbir pertama: baca surah Al Fatihah
  3. Takbir kedua: baca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW
  4. Takbir ketiga dialnjut dengan membaca doa untuk jenazah. Dengan bacaan yang tergantung dengan jenazahnya, apakah pria, wanita, jamaah atau sendirian. Untuk doanya, anda bisa googling langsung supaya lebih jelas.
  5. Takdir keempat: dilanjut dengan membaca doa untuk diri sendiri, anda juga bisa langsung googling supaya lebih jelas dan lebih tau mengenai doa apa yang seharusnya dibaca.
  6. Setelah takbir keempat dan doa selesai dibaca selanjutnya adalah salam. Untuk salam seperti biasa dilakukan dari arah kiri baru kanan.

Setelah anda mempersiapkan semuanya selanjutnya anda bisa langsung praktekan dengan sama-sama mengikuti imam yang ada di depan. Selain beribadah dan mendapatkan pahala yang jauh lebih besar kita juga akan mendapatkan pengalaman yang bisa jadi tidak bisa didapatkan dua kali.

shares