Jabal Rahmah, Monumen Cinta Adam dan Hawa

Bagikan Ini :

Nabi Adam AS dan Siti Hawa adalah sepasang manusia yang diturunkan Allah ke bumi. Walau mereka diturunkan dalam waktu bersamaan, namun tempat mereka diturunkan berbeda. Berdasarkan catatan ahli sejarah, Nabi Adam AS diturunkan di negeri India, sedangkan Siti Hawa diturunkan di Irak. Setelah keduanya bertaubat untuk memohon ampun, akhirnya atas izin Allah SWT mereka dipertemukan di sebuah tempat. Tempat tersebut dikemudian hari dikenal bernama Jabal Rahmah.

Jabal Rahmah berada di bagian timur Padang Arafah di kota Mekkah, Arab Saudi. Bagi Anda yang akan berumrah bersama AET Travel, Jabal Rahmah akan menjadi tempat yang akan kita singgahi. Namun, menyambangi Jabal Rahmah hanya untuk keperluan wisata saja, tidak untuk rangkaian ibadah umrah.

Sesuai dengan namanya, Jabal berarti sebuah bukit atau gunung, sementara Rahmah adalah kasih sayang. Tempat legendaris ini tak pernah sepi dari jamaah Haji maupun Umroh terutama jamaah Haji.

Jabal Rahmah juga merupakan tempat wahyu terakhir kepada Nabi Muhammad saw tatkala melakukan wukuf haji. Wahyu tersebut termuat dalam surah Al-Maidah : 3.

“Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Ku sempurnakan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku ridhai Islam itu jadi agama bagimu.”

Di bukit ini terdapat sebuah monumen yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar kurang lebih 1,8 meter dan tingginya 8 meter.

Untuk menuju puncak tempat ini, kita bisa menempuhnya sekitar 15 menit dari dasar bukit. Bukit batu ini berada pada ketinggian kurang lebih enam puluh lima meter yang puncaknya menjulang. Pemerintah Arab Saudi juga telah membangun infrastruktur yang memadai sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk menikmatinya. Infrastruktur ini berupa jalanan berbentuk tangga dengan 168 undakan menuju puncak tugu.

Hamparan tanah luas Jabal Rahmah dipenuhi dengan tanaman yang dinamai pohon Soekarno. Nama Soekarno merujuk pada jasa presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut merupakan penyumbang bibit tanaman yang tersebar di Padang Arafah, termasuk Jabal Rahmah. Soekarno memberikan sumbangan ratusan bibit tanaman kepada Pemerintah Ke rajaan Arab Saudi saat berkunjung ke Tanah Suci.

Pemandangan Padang Arafah yang dapat dilihat dengan jelas dari puncak Jabal Rahmah, dan ini menjadi pesona tersendiri.

Sahabat ingin melaksanakan umrah dalam waktu dekat? AET Travel Indonesia menawarkan beragam paket umrah dengan harga hemat keberangkatan bulan Februari hingga Ramadhan 2020. Segera booking karena seat terbatas!

shares