3 Gunung Bersejarah Di Makkah Yang Perlu Sahabat AET Travel Indonesia Ketahui

Bagikan Ini :

Assalamu’alaikum, Sahabat AET Travel Indonesia.

Makkah yang merupakan kota sucinya ummat islam memiliki banyak sekali daya tarik, khususnya bagi kaum muslimin di seluruh dunia. Selain karena Masjidil Haram yang menjadi tempat pelaksanaan ibadah umrah & haji, kota Makkah hadir dengan banyak sekali tempat bersejarah.

Di antaranya adalah tiga bukit/gunung batu yang terkenal dan memiliki sejarah perjalanan kehidupan manusia, yakni Jabal (Gunung/bukit) Nur, Jabal Tsur, dan Jabal Rahmah.

Berikut 3 Gunung Bersejarah Di Makkah Yang Perlu Sahabat AET Travel Indonesia Ketahui

Jabal Nur

Jabal Nur, dikenal karena terdapat Gua Hira yang menjadi tempat turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad S.A.W sekaligus pengukuhan beliau menjadi Rasullulah.

Jabal Nur

Di bukit inilah, Rasulullah SAW menerima wahyu pertama (QS Al-Alaq: 1 – 5) Rasulullah menerima wahyu tersebut ketika sedang bertafakkur di sebuah gua kecil di bukit ini yang dinamakan Gua Hira. Turunnya wahyu ini sekaligus mengukuhkan Rasulullah sebagai utusan Allah. Jabal Nur terletak sekitar lima kilometer di utara Makkah atau di sebelah kiri perjalanan saat menuju Arafah. Tinggi puncak Jabal Nur kira-kira 200 meter.

Jabal Tsur

Jabal Tsur, menjadi saksi bisu Rasullulah yang digunakan sebagai persinggahan saat mendapat penolakan dakwah dari kafir Quraisy di Makkah yang mengharuskannya hijrah ke Madinah.

jabal tsur

Di salah satu puncak bukit ini terdapat Gua Tsur. Gua tersebut merupakan tempat perlindungan Rasullulah SAW dan sahabatnya. Abu Bakar ash-Shiddiq r.a dari kejaran kaum kafir Quraisy. kala itu pada 622 Masehi. Rasulullah berniat hijrah ke Madinah untuk mencari tempat penyebaran islam yang lebih kondusif. Dalam kondisi terdesak. di gua yang berada di puncak Jabal Tsur nan tandus itulah Rasulullah dan Abu Bakar berlindung selama tiga hari tiga malam.

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah, atau Bukit Kasih Sayang diyakini banyak kaum muslimin sebagai tempat bertemunya Ayahanda Adam a.s dengan ibunda Hawa setelah sekian lama dipisahkan Allah setelah terusir dari Surga.

jabal rahmah

Disebut Jabal Rahmah karena di tempat inilah diyakini manusia pertama. yakni Nabi Adam dan Ibunda Hawa bertemu setelah sekian puluh ( ada yang menyebut ratusan) tahun terpisah sejak dikeluarkan dari surga. Keduanya bertemu di Jabal Rahmah. Lokasi yang disebut sebagai tempat pertemuan kembali keduanya ditandai dengan sebuah tugu (monumen) berwarna putih . Bukit ini terletak di Arafah sekitar 25 KM sebelah tenggara Kota Makkah.

Dan 3 Bukit Bersejarah Di Makkah ini insyaAllah menjadi destinasi yang akan dikunjungi jamaah ketika malaksanakan program umroh bersama AET Travel Indonesia / PT.Penjuru Wisata Negeri.

 

shares