Masjid Ji’ranah, Tempat Miqat Paling Afdhal

Bagikan Ini :

aet.co.id – Al-Ji’ranah, kerap disebut Ji’ranah saja, merupakan sebuah perkampungan di Wadi (lembah) Saraf yang berjarak sekitar 24 km dari Masjidil Haram, Makkah al- Mukarramah. Ada apa di kampung ini? Kampung ini ternyata menyimpan sebuah keistimewaan, yang mana terdapat sebuah masjid bernama Masjid Ji’ranah. Masjid Ji’ranah ini selalu digunakan penduduk Makkah untuk melakukan miqat saat umrah atau haji. Sebab kampung Ji’ranah merupakan tanda batas tanah haram.

SEKILAS MASJID JI’RANAH

Rasulullah pernah bermukim di sini selama 13 hari, kemudian bermiqat untuk melakukan umrah beliau yang ketiga kali di kampung ini. Tempat di mana Rasulullah S.A.W. berihram kemudian dibangun Masjid Ji’ranah.

Masjid Ji’ranah saat ini mampu menampung lebih dari seribu orang jamaah sekaligus. Luas total masjid cantik ini adalah 1600m2 meter persegi. Halaman dan area parkir masjid yang cukup luas bisa menampung ratusan bis dan kendaraan lainnya. Di halaman masjid juga akan banyak di temui para pedagang kaki lima keturunan Bangladesh atau Barmawi  yang berjualan. Mereka menjual berbagai macam cinderamata ataupun benda-benda lainnya.  Masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang cukup luas.

Di samping kanan masjid terdapat sebuah sumur tua yang sekarang telah ditutup oleh kerajaan Arab Saudi. Dahulunya sumur tersebut menjadi praktek bid’ah, yang mana airnya digunakan bahkan dibawa pulang oleh jamaah haji karena menganggap obat dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sebab keistimewaannya, masjid ini juga telah dipugar berkali-kali dari zaman ke zaman sepanjang sejarah. Kemudian, pada pemerintahan Kerajaan Arab Saudi, dibangun masjid besar bersebelahan dengan masjid lama, yang dibuat menyatu. Untuk membangun masjid itu, Raja Arab Saudi, Raja Fahd menggelontorkan dana tak kurang dua juta riyal.

LOKASI MIQAT PALING AFDHAL

Menurut pendapat banyak ulama, Ji’ranah merupakan tempat miqat umrah yang paling afdhal bagi penduduk Makkah. Sehingga masjid ini tak pernah sepi dari jamaah.

Berkunjung dan bermiqat di Masjid Ji’ranah merupakan bagian dari paket perjalanan umrah AET Travel Indonesia.

Jika sahabat ingin melaksanakan umrah dan bermiqat di masjid bersejarah ini, maka sahabat dapat segera memesan paket umrah hemat kami.

shares