MENGAPA MADINAH JUGA DISEBUT TANAH SUCI?

Selain Kota Makkah, Kota Kota Madinah juga disebut sebagai Tanah Haram/Tanah Suci. Kenapa demikian? Penyebab Madinah disebut sebagai Tanah Suci ada 3 faktor utama. Apa aja faktor-faktor tersebut?

1. ADA MASJID NABAWI YANG KEUTAMAANNYA 1000 KALI LIPAT

Masjid ini adalah bangunan yang sangat bersejarah, pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Madinah pada tahun 622 (sudah berumur hampir 1400 tahun).

Saat ini Masjid Nabawi berdiri megah di jantung Kota Madinah, dan mampu menampung 1 juta jamaah sekaligus dalam satu kali shalat.

Di masjid Nabawi ini Nabi bersabda bahwa siapa saja yang mendirikan shalat di sini maka akan mendapatkan 1000 kali pahala apabila dibandingkan shalat di masjid lain (selain Masjidil Haram).

2. LOKASI DIMAKAMKANNYA RASULULLAH

Sebagaimana yang diketahui, Nabi Muhammad SAW meninggal di Kota Madinah, di usia 63 tahun, di pelukan istrinya Aisyah.

Beliau dimakamkan di dekat Masjid Nabawi kala itu. Dan saat ini makam beliau sudah menjadi bagian Masjid itu sendiri dan sering diziarahi oleh umat muslim.

3. RASULULLAH MENJADIKAN MADINAH TANAH HARAM

Dikutip dari buku Bekal Haji karya Ustadz Firanda Andirja, Nabi Muhammad ﷺ bersabda sebagai berikut:

اِنَّ إِبْرَاهِيْمَ حَرَّمَ مَكَّةَ وَإِنِّي حَرَّمْتُ الْمَدِيْنَةُ “Sesungguhnya Ibrahim menjadikan Makkah tanah haram, dan sesungguhnya aku menjadikan Madinah tanah haram”, (HR Muslim).

Maksud haram di sini yakni diharamkan di Kota Makkah dan Madinah memotong pohon yang berdiri, membunuh binatang buruan, dan mengangkat senjata untuk tujuan menumpahkan darah atau berperang. Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

إِنِّي أُحَرِّمُ مَا بَيْنَ لَابَتَيْ الْمَدِيْنَةِ أَنْ يُقْطَعَ عَضَاهُهَا أَوْ يُقْتَلَ صَيْدُهَا “Sesungguhnya aku mengharamkan memotong pohon yang berdiri dan membunuh hewan buruan di Madinah.” (HR Muslim). Dalam riwayat lainnya, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya aku mengharamkan kota Madinah yang batas wilayahnya antara dua gunung yang ada di kota Madinah agar tidak menumpahkan darah, tidak membawa senjata untuk berperang, dan tidak mengugurkan daun-daun pohon yang ada di Kota Madinah, kecuali untuk makanan ternak.” (HR Muslim).

Itulah mengapa Kota Madinah dianggapa sebagai Tanah Suci. Selain itu juga di sekitar Madinah juga terdapat banyak lokasi bersejarah di dunia Islam.

Yuk share artikel ini biar semua makin tau.